Program Pengabdian Masyarakat: Penyusunan Modul Laboratorium Akuntansi Perbankan pada Transaksi Simpanan Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i2.3274Keywords:
Akuntansi Perbankan, Sistim Informasi, Praktik Akuntansi dan KompetensiAbstract
Permasalahan yang hadapi oleh mitra adalah belum optimalnya proses pembelajaran akuntansi perbankan pada jenjang pendidikan sekolah menengah umum dan kejuruan (SMU dan SMK) yang saat ini masih mengandalkan proses pencatataan akuntansi perbankan secara konvensional dengan metode pembelajaran klasikal. Dampaknya adalah lulusan belum mampu terserap kebutuhan bank untuk bekerja sebagai teller dan customer service di bagian front office. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Surabaya dengan peserat para guru sekolah menengah umum dan kejuruan pada bidang ekonomi. Tujuan pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan modul pembelajaran akuntansi perbankan dengan mengintegrasikan penerapan sistim informasi akuntansi perbankan di laboratorium. Desain pelatihan dan pendampingan menggunakan metode problem based learning. Metode pelaksanaan dilakukan dengan dua tahapan yaitu mendesain modul praktika laboratorium akuntansi perbankan dan melakukan pendampingan serta pelatihan input transaksi pada sistim informasi akuntansi bank. Hasil pelaksanaan program pengabdian masyarakat adalah adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan para guru sekolah menengah umum dan kejuruan pada transaksi akuntansi giro, tabungan, deposito berjangka dan sertifikat deposito berjangka sebagai bentuk simpanan pihak nasabah yang ditransaksikan melalui petugas front office. Hasil pelaksanaan program pengabdian masyarakat juga menginformasikan bahwa peserta pelatihan telah mampu mensimulasikan pengelolaan transaksi akuntansi simpanan nasabah dalam sistim informasi bank dengan baik. Adanya modul laboratorium akuntansi perbankan berbasis kertas kera dirasakan sangat membantu para peserta pelatihan sebagai bahan ajar di sekolah.References
Aryani, I., Masykuri, M., & Maridi. (2015). Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Populasi Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Inkuiri, 4(3), 68–77.
Huruun’ien KI , Efendi A, T. G. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.
Kesumawati, N., Destiniar, D., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Fitriasari, P., Mulbasari, A. S., Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2021). Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 246–256. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589
Kusumaratri, R. D., & Purwanto, P.-. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Pada CV Menang Sentosa. Sistemasi, 9(2). https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.712
Murniati, A., & Hermawan, A. (2018). E- Problem Based Learning (E-Pbl) Pada Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.25
Nuris, D. M. (2022). Online Problem Based Learning pada Pembelajaran Akuntansi Keuangan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Education Action Research, 6(1), 124. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/40008
Purwandani, A., & Aji Dedi Mulawarman. (2021). . Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 6(1). https://doi.org/10.34202/imanensi.6.1.2021.55-64
Supriyono, S. E., Sistiyarini, E., & Murdiawati, D. (2020). Pelatihan Akuntansi Perbankan Kepada Guru-Guru SMK Ketintang Surabaya. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5015
Wahyuni, E. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs 6 Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi Dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMKN. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (KPAI), 1–18.
Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Roiyasa, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Modul Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Bagi Guru Sma Negeri 4 Purwokerto. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.37373/bemas.v1i2.65