Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Guru SD Juara Surabaya

Authors

  • Herwin Ardianto Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Rohmad Fuad Armansyah Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Kadek Pranetha Prananjaya Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Romi Ilham
  • Evi Sistiyarini

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i2.3883

Keywords:

pelatihan guru, kompetensi guru, bahasa Inggris

Abstract

SD Juara Surabaya merupakan bagian dari sekolah berjejaring nasional berbasis social enterprize dengan total 22 sekolah yang tersebar di Seluruh Indonesia dibawah naungan Yayasan Indonesia Juara partner Pendidikan dari lembaga filantropi Rumah Zakat. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh informasi permasalahan yaitu Kebutuhan Pemenuhan kriteria akreditasi sekolah unggul dengan syarat penguatan kompetensi pada pelajaran Bahasa serta rencana menuju sekolah bilingual, sehingga diperlukan peningkatan kompetensi bahasa Inggris pada guru pengajar. Dalam upaya memberikan pemecahan atas masalah tersebut maka tim pengabdian masyarakat melaksanakan program pelatihan dan pendampingan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan Bahasa Inggris untuk guru. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan diawali dengan penentuan sasaran kegiatan, kemudian pelaksanaan pelatihan dan pendampingan serta evaluasi. Pada evaluasi kegiatan diketahui bahwa terdapat peningkatan skor post test dibanding dengan skor hasil pre test yaitu 1,2 poin menjadi rata-rata nilai 9,4 pada 10 peserta, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman serta kompetensi dalam penggunaan Bahasa Inggris pasca pelatihan.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Ardianto, H., Armansyah, R. F., Prananjaya, K. P., Ilham, R., & Sistiyarini, E. (2023). Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Guru SD Juara Surabaya. Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 24–31. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i2.3883

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)