PENINGKATAN KEMAMPUAN KADER POSYANDU DALAM PENGELOLAHAN DATABASE MANAJEMEN DAN KEUANGAN POSYANDU BALITA SAKINAH RW 08 GUNUNG ANYAR
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2397Keywords:
Data base, Manajeman data, Manajemen keuangan, Sistem Informasi.Abstract
Perumahan Gunung Anyar Emas adalah sebuah wilayah di Kelurahan Gunung Anyar Tambak kecamatan Gunung Anyar yang berdekatan dengan jalan tembusan Merr IIC. Karena pesatnya kebutuhan warga akan layanan kesehatan, Posyandu Sakinah yang dikelola oleh 10 kader Posyandu diririkan kurang lebih 14 tahun yang lalu, telah melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari penimbangan, mencatatan KMS, Penyuluhan sampai dengan pemberian makanan tambahan (PMT) yang dilaksanakan setiap hari rabu minggu ke 2 dan rabu minggu ke 4. Jumlah kader yang hadir rata-rata setiap bulannya sebanyak 8 (delapan) orang dan dibantu petugas kesehatan dari puskesmas sebanyak 2 (dua) orang. Pada 2018, atas semangat dan arahan dari program pengabdian masyarakat dari STIE Perbanas Surabaya juga, Posyandu Sakinah menjadi Juara 1, lomba SMART AND HEARTY 2018. Meskipun telah memperoleh peringkat 1, Posyandu Sakinah mengevaluasi diri. Dari hasil lomba itu, dinyatakan n bahwa mereka masih ingin memperbaiki kekurangan dan meningkatkan layanannya serta keterbukaan keuangan di dalam Posyandu Sakinah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu permasalahan tersebut dengan jalan (1) Pengelolahan manajemen dan Pencatatan data secara manual telah dilaksanakan dengan baik, dalam menyajikan laporan dan informasi database yang cepat dan akurat, kader posyandu masih merasa kurang dapat memenuhiya. (2) Pencatatan keuangan juga telah dilaksanakan, namun baru secara manual juga, sehingga kesulitan yang ada adalah apabila bendahara berhalangan hadir, maka kader yang lain tidak dapat segera menggantikanya. (3) Pengembangan Sistem informasi untuk peningkatan mutu layanan posyandu Sakinah.References
Hidayat. 2008. Komunikasi Interpersonal di Posyandu. Majalah Interaksi. Edisi 5/2008. Jakarta: Depkes RI
Indrajani (2011), Bedah kilat 1 jam, Pengantar Dan Sistem Basis Data. Jakarta, Elex Media Computindo
Kenneth C. Laudon. 2016. Management Information System: managing the digital firm 14th Edition. Pearson.¬¬¬¬¬¬¬¬
Makara Kesehatan, 10(2): 54- 59. Wirapuspita, R. 2013. Insentif dan Kinerja Kader Posyandu. Jurnal Kemas, 9(1): 58-65.
Peran Kader dalam Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Jurnal Kemas, 8(2): 100-102.
Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Subang 2009, Subang Sistiarani, C. 2013.
Purwati S. 2009. Studi Tentang Sistem Pencatatan dan Pelaporan Data SKDN di Puskesmas Jumapolo Kabupaten Karanganyar. [Skripsi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan UMS.
Raymond McLeod, Jr. 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Salemba Empat
Sriyanti. 2005. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader pada Hari Buka Posyandu di Kelurahan Kalipancur Wilayah Kerja Puskesmas Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. [Skripsi] Semarang: Fakultas Kesehatan UDINUS.
Sudargo, T. 2003. http://www.fkm.undip.ac. Faktorfaktor yang mempengaruhi keaktifan kader, diunduh tanggal 09 Pebruari 2011.
Suryatim, 2001.http// www.depkes go.id/. Partisipasi Kader, diunduh tanggal 24 Februari 2011
UNICEF (2002), IDS, Evaluation of Posyandu Revitalization, Diakses dari http://www.unicef.org/evaldatabase/index_19007.html
Widagdo, L. 2006. Kepala Desa dan Kepemimpinan Perdesaan: Persepsi Kader Posyandu di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Jawa Tengah 2000.
Yuwono Y, 2000. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Drop Out Kader di Posyandu,Tesis, IKM UGM Yogyakarta
Zulkifly (2003), Posyandu dan Kader Kesehatan, Diakses dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3753/1/fkm-zulkifli1.pdf