RUANG GENERASI NUSANTARA : PENGEMBANGAN WAWASAN DAN KARAKTER SISWA SD-SMP DENGAN BUDAYA LITERASI MELALUI PELATIHAN PEMUDA DESA BAJULAN NGAJUK
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2870Keywords:
pendidikan, wawasan, budaya literasi, pelatihan, karang taruna, pengabdian masyarakat.Abstract
Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam membangun manusia dari aspek pendidikan dengan mampu meningkatkan wawasan, mampu mengembangkan karakter yang baik, mampu mendorong semangat membaca, dan mampu menerapkan knowledge organization. Sasaran Penelitian ini siswa-siswi kelas tiga Sekolah Dasar hingga kelas satu Sekolah Menengah Pertama, Karang Taruna Sudirman, dan seluruh masyarakat yang ada di Desa Bajulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendampingan, yang dilakukan pada Karang Taruna Sudirman, agar menjadi pelopor pengembangan wawasan dan karakter serta budaya literasi di Desa Bajulan, Kabupaten Nganjuk. Hasil dari penelitian ini siswa menjadi lebih percaya diri, bertanggung jawab, dan jujur, peningkatan kreatifitas dan mampu menunjukkan rasa empati kepada sesama, memiliki jiwa kompetitif, peningkatan semangat membaca diukur dengan karambu. Karang Taruna Sudirman mengalami kemajuan dalam kinerja organisasi, memiliki sikap aktif dan kritis, dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada.References
Badan Pusat Statistik, (2020). Presentase Penduduk 15+Th Menurut Pendidikan dan Jenis Kelamin (Persen), 2018-2020. Nganjuk, Indonesia. dikutip dalam https://nganjukkab.bps.go.id/ [27 Desember 2021]
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Safitri, J., & ... (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal …, 5(2), 663–676. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4122
Damayanti, F., Syarief, M., & Setiawan, W. (2017). Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Siswa dan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Bangkalan. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 1(1), 55. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2017.v1i1.148