Optimalisasi Content Marketing dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian pada Dian Abadi Frozen Food

Authors

  • Laila Ramadhani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mubarokah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Fatchur Rozci Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.14414/x7xsa097

Keywords:

Content Marketing, Effectiveness, Purchase Decision, Social Media

Abstract

Peningkatan persaingan dalam pemasaran digital, terutama di media sosial telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pelaku bisnis. Beberapa  bisnis belum memanfaatkan promosi di media sosial secara optimal, termasuk UD Dian Abadi Frozen Food, sebuah toko makanan beku. Pihak karyawan telah aktif mengelola akun media sosial namun mereka masih belum mencapai target rata-rata jumlah tayangan konten yang diinginkan. Penelitian berikut bertujuan menganalisis pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian dan merumuskan tindakan pengembangan pemasaran konten. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, kuesioner, artikel ilmiah, dan buku. Metode sampling purposif digunakan untuk memilih 100 responden yang telah memenuhi kriteria sampel. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa secara bersamaan, semua dimensi EPIC memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, akan tetapi secara parsial, dimensi empati dan persuasi tidak menunjukkan adanya pengaruh. Temuan ini memberi kontribusi penting bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan konten di media sosial. Implikasi penelitian ini yaitu UD Dian Abadi Frozen Food perlu mempertahankan strategi konten yang telah efektif dan memperbaiki konten yang kurang disukai konsumen. 

References

Adetia, M., & Rozci, F. (2024). Analisis Stratetgi Promosi Produk Emazo Merah dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis (JISA), 24(1), 44–52. https://doi.org/10.30742/jisa24120243864.

Budiwitjaksono, G. S., Azzahra, N. U. S., Wijaya, A. O., Imtihani, E., Rosita, K. R., & Maulana, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Jasa dalam Upaya Mendukung Peningkatan Perekonomian pada UMKM Pemancingan Kelapa Gading Rembang (Studi Sosial Media Marketing pada Instagram UMKM Kelurahan Rembang). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(3), 76–86.

Chaerunnisa, K. A., & Safria, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Point Coffee di Kebon Besar Tangerang. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 10(3), 249–264. https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.650.

Durianto, D., Sugiarto, Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Gramedia Pustaka Utama.

Fahimah, M., & Ainiyah, I. R. (2023). Minat Beli Produk Fashion: Penggunaan Hashtag dan Review Produk pada Aplikasi TikTok. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 79–87. https://doi.org/10.36982/jeg.v8i2.2780.

Fajari, N., & Khuntari, D. (2023). Pengaruh Konten Instagram terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers @wonosobozone. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi, 3(2), 42–55. https://doi.org/10.55606/juitik.v3i2.475.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harsono, S., Haripraditya, N. T., & Soleh, M. A. R. (2022). Perilaku Belanja Online dan Niat Beli pada Generasi “Z” di Indonesia. Journal of Business & Banking, 12(1), 143–160. https://doi.org/10.14414/jbb.v12i1.3111.

Hayadi, K. R., Sumarto, L., & Suyamto. (2021). Pengukuran Efektivitas Media Promosi dengan Pendekatan Model EPIC Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Bangunan Radin Timur, di Jebres Kota Surakarta. Jurnal Ganeshwara, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.36728/jg.v1i2.1557.

Hong, J. H. J., Yang, J., Wooldridge, B. R., & Bhappu, A. D. (2022). Sharing Consumers’ Brand Storytelling: Influence of Consumers’ Storytelling on Brand Attitude via Emotions and Cognitions. Journal of Product and Brand Management, 31(2), 265–278. https://doi.org/10.1108/JPBM-07-2019-2485.

Inkasari, N. Y., Haifa, & Maspufah, H. (2024). Pengaruh Harga, Online Customer Review, dan Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli pada Marketplace Tiktok Shop di Jember. Jurnal Manajemen Bisnis dan Manajemen Informatika, 5(2), 186–205.

Jeganathan, K., & Szymkowiak, A. (2020). Social Media Content Headlines and Their Impact on Attracting Attention. Journal of Marketing and Consumer Behaviour in Emerging Markets, 1(10), 49–59. https://doi.org/10.7172/2449-6634.jmcbem.2020.1.3.

Lestari, S. N., Karlimah, & Apriliya, S. (2019). Analisis Desain Fisik Video Pembelajaran Materi Teks Eksplanasi dalam Aplikasi Ruangguru. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 381–393.

Nofrizal, A. (2024). Social Media Vlogs and E-WOM on Man-Made Tourism Destination: Insights from Indonesia. Journal of Business & Banking, 13(2), 321–339. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i2.4454.

Novianto, R. A. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Iklan Handphone Samsung Galaxy ACE 3 Versi “Bantu Joni Sekarang Untuk Pindah ke Smartphone Beneran” Menggunakan EPIC Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2), 1–22.

Parasari, N. S. M., Maheswari, A. A. I. A., Ariwangsa, I. G. N. O., & Koeslila, N. P. A. M. I. S. (2023). Percaya Tidak Percaya: Benarkah Jika Kepercayaan dapat dibangun Setelah Mengkonsumsi Suatu Konten? (Studi Fenomenologi Konten Edukasi pada Ternak Uang). Journal of Business & Banking, 13(1), 71. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3801.

Peck, J., & Shu, S. B. (2018). Psychological Ownership and Consumer Behavior. Springer.

Plessis, C. Du. (2022). A Scoping Review of the Effect of Content Marketing on Online Consumer Behavior. SAGE Open, 12(2), 1–17. https://doi.org/10.1177/21582440221093042.

Prihartini, N. T., Mubarokah, & Tondang, I. S. (2023). Analysis of the Effectiveness of Social Media Instagram as a Promotional Platforms of Nhu Nhu Lemongrass Products. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 2(5), 652–659.

Purnawati, E. (2024). Trust in E-Commerce: How Reviews and Ratings Shape Consumer Confidence. Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(12), 2057–2075.

Putri, O. B., & Asnusa, S. (2025). Peran Kualitas Konten dalam Strategi Content Marketing untuk Meraih Engagement Tinggi di Instagram dan TikTok Honda Pramuka. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 5430–5441.

Saputro, W. N. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen CV Bintang Mitra Cahaya Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. UMSIDA Press.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.

Triastuti, A. L., Rizki, M. F., Soegiarto, A., Fatimah, A. N., & Kholik, A. (2025). Analisis Standarisasi Cover Konten Video Instagram @suaradotcom dalam Meningkatkan Konsistensi dan Brand Awareness Suara.com. Jurnal Komputer, Informasi, dan Teknologi, 5(1), 1–15.

Ugbah, Q., Setyowati, T., & Eko, W. (2019). Analisis Pengaruh Variabel EPIC pada Fanpage Facebook terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Tape Sumber Madu di Sumber Pinang). Universitas Muhammadiyah Jember.

Ulfia, Rahmi, & Yana, S. (2024). Pengaruh Media Sosial dalam Transformasi Pemasaran Digital. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 11–17. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1123.

Wahyuti, T. (2023). Produksi Konten Digital. Proxy Media.

Woolley, K., & Sharif, M. A. (2021). Incentives Increase Relative Positivity of Review Content and Enjoyment of Review Writing. Journal of Marketing Research, 58(3), 539–558. https://doi.org/10.1177/00222437211010439.

Zamfir, M. D. (2024). Scarcity Effect and Consumer Decision Biases: How Urgency Influences the Perceived Value of Products. Journal of World Economy, 3(4), 27–34. https://doi.org/10.56397/jwe.2024.12.04.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Ramadhani, L., Mubarokah, & Rozci, F. (2025). Optimalisasi Content Marketing dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian pada Dian Abadi Frozen Food. Journal of Business & Banking, 15(01), 81-103. https://doi.org/10.14414/x7xsa097

Similar Articles

1-10 of 104

You may also start an advanced similarity search for this article.