Dampak Influencer, Motivasi, dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal

Authors

  • Dwi Maulidya Agustin Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Linda Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.14414/vzng9s21

Keywords:

Influencer, Motivation, Digital Technology, Investment.

Abstract

Media sosial dan perkembangan teknologi memiliki peran penting dalam mendorong minat investasi di pasar modal. Namun, keberhasilan peningkatan minat investasi tersebut bergantung pada motivasi calon investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer, motivasi, dan kemajuan teknologi terhadap minat investasi generasi Z di Surabaya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 160 responden dan dianalisis menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer dan motivasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, sementara kemajuan teknologi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pemasaran investasi. Peningkatan peran influencer dan penguatan motivasi menjadi langkah kunci untuk menarik minat generasi Z, seperti melalui kampanye edukatif dan insentif yang relevan. Namun, aspek teknologi memerlukan pendekatan berbeda untuk memberikan dampak lebih signifikan, misalnya dengan menambahkan fitur gamifikasi, edukasi interaktif, atau personalisasi pada platform digital. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi perusahaan sekuritas dan pelaku pasar modal untuk meningkatkan daya tarik investasi melalui strategi yang berfokus pada preferensi generasi Z.

References

Ainiyah, N. and Indrarini, R. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Investasi dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Berinvestasi di Reksadana Syariah pada Generasi Z Kota Surabaya’, Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islami, 5(22), pp. 80–94. Available at: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jeif.

Anastasya Fauzianti and Retnosari (2022) ‘Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar’, Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), pp. 26–35. Available at: https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2323.

Avrilly, J.A., Setiawan, A. and Djajadikerta, H. (2024) ‘Melangkah ke Dunia Pasar Modal: Menguak Pengaruh Literasi Digital, Literasi Keuangan, dan Kemajuan Teknologi Investasi terhadap Minat Investasi Generasi Z’, Journal of Social and Economics Research, 6(1), pp. 1185–1200.

Ayu, I.D., Cahyani, B. and Sinarwati, N.K. (2023) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiwa di Kota Denpasar’, 7(5), pp. 134–143.

Firmansyah, F.F., Sriyono, S. and Prapanca, D. (2024) ‘Peran Social Media Influencer, Pengetahuan Investasi, Return Investasi Dan Uang Saku Terhadap Minat Investasi Pada Generasi Z Di Kabupaten Sidoarjo’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), pp. 770–790. Available at: https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3763.

Ghozali, I. (2016) ‘Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya’.

Hair J et al. (2014) ‘Multivariate Data Analysis.pdf’, Australia : Cengage, p. 758.

Hair Jr, J.F. et al. (2017) ‘PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use’, International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), pp. 107–123.

Lestari, A.E., Indriani, E. and Kartikasari, N. (2022) ‘Pengaruh Literasi Keuangan, Return, Persepsi Risiko, Gender Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa’, Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(4), pp. 726–738. Available at: https://doi.org/10.29303/risma.v2i4.238.

Negara, A.K. and Febrianto, H.G. (2020) ‘Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal’, Business Management Journal, 16(2), p. 81. Available at: https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360.

Putri Agustini, A., Septrianingsih, H. and Zukhri, N. (2023) ‘From Financial Literacy to FoMO: Menggali Keterkaitan Literasi Keuangan, Social media influencer, dan Fear of missing out dalam Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)’, Nizwan Zukhri INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, pp. 6594–6604. Available at: https://j-innovative.org/index.php/Innovative.

Ryandana, A., Hermuningsih, S. and Sari, P.P. (2023) ‘Dampak Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Anak Milenial’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), p. 226. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.818.

Sabda Ar Rahman, R.E. and Subroto, W.T. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa’, Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(2), pp. 112–122. Available at: https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.17263.

Schermelleh-Engel, K., Moosbrugger, H. and Müller, H. (2003) ‘Evaluating the fit of structural equation models: Tests of significance and descriptive goodness-of-fit measures’, Methods of psychological research online, 8(2), pp. 23–74.

Stevani, N. and Junaidi, A. (2021) ‘Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram’, Prologia, 5(1), p. 198. Available at: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121.

Tri Cahya, B. and Ayu Kusuma, N.W. (2019) ‘Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham’, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7, pp. 192–207.

Trisnaningsih, T., .Sihabudin, S. and Fauji, R. (2022) ‘Pengaruh Influencer Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa’, Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), pp. 82–89. Available at: https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1705.

Widhiastuti, R.N. and Novianda, B.F. (2024) ‘Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Generasi Z Di Jabodetabek’, Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), pp. 84–93. Available at: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.527.

Wiyono, D. aldi and Asyik, nur fadjrih (2023) ‘Dampak Pengetahuan Investasi Pada Pengaruh Modal Awal, Risiko, Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi’, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi STIESIA, 12 No 6. Available at: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/5353.

Wulandari, A. (2020) ‘Program Studi Manajemen S1 (Februari 2020)’, 1(Februari). Available at: www.idx.co.id.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Dampak Influencer, Motivasi, dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. (2025). Journal of Business & Banking, 14(02), 304-318. https://doi.org/10.14414/vzng9s21

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.