Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Sekolah terhadap Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah dengan Word of Mouth sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus SMP Berbasis Pesantren pada SMP TQT Madinatul Qur’an)

Authors

  • Suriyanto Suriyanto SMP TQT Madinatul Quran

DOI:

https://doi.org/10.14414/jbb.v14i02.4962

Keywords:

marketing, bauran pemasaran, keputusan pembelian, sekolah

Abstract

The increasing public need for quality Islamic Education creates a competitive climate fot private educational institutions, thereby encouraging research in the field of education marketing. This research aims to analyze the influencs of the service marketing mix (product, place, people, and process), brand image, on the decision of parents/ guardians in choosing an Islamic boarding school (SMP) with word of mputh as an intervening variable. The population in this study were all parents/guardinas of TQT Madinatul Quran Junior High School Depok City. The sampe studied was 176 respondents whose children were in grades 7 to 9. The analysis technique used was descriptive analysis and SEM (structural Equation Modelling) with Lisrel version 8.80. The results of statistical test show that the relationship between marketing mic and brand image directly influences word of mouth. Other results show a direct relationship that influences the decision to choose a school, namely the brand image and word of mouth varibles. Brand image through word of mouth has a significant influence on the decision to choose school. Marketing mix variables do not have an influence either directly or through word of mouth on the decision to choose school.

References

Adipratama, Z., Sumarsono, R.B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen Ku-rikulum Terpadu di Sekolah Alam Berciri Khas Islam. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372-380.

Ahidin, Udin. (2021). Pengaruh Citra Sekolah dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Siswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7 (2), 181-190.

Adnan. (2018). Pengaruh Perliaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Srtategis, 7(2), 1-9.

Alwizra, Fadlan, A.H. & Kurniawan, M.E. (2020). Mana-jemen Pengambilan Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Mandiri Syariah di Kota Medan. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 96-111.

Anfas, A., Hidayanti, I., Umasugi, M., & Yusuf, I. (2021). The Applica-tion of Word of Mouth in Building Community Trust and Univer-sity Brand Image on Selection Decision for UPBJJ-UT Ter-nate. Society, 9(1), 356-379.

Arifin, A.R., Suwitho & Djawoto. (2020). Pengaruh Citra Sekolah dan Persepsi Harga terhadap Word of Mouth dan Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Anak. Jumbo (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Organ-isasi), 4 (1), 151-161.

Chandra, A. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Mendaftar dengan Kualitas Prodi Sebagai Variabel Moderating di Universitas Catur Insan Cendekia. Mana-jemen Pemasaran, 27(2), 65-76.

Ela, H.M., Rahman, N.H.A. & Chotimah. (2021). Pengaruh Lokasi Sekolah terhadap Keputusan Calon Siswa dalam Pemilihan SMAK ST. Petrus Kewapante. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Hu-maniora, 3(3), 47-53.

Fradito, Aditia., Suti’ah, & Muliyadi. (2020). Strategi Pemasaran Pen-didikan dalam Meningkatkam Citra Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1). 12-22.

Gunawan, Go Liana Chayani. (2020). Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 5(2), 166-175.

Halim, A., Sridadi, A.R. & Sholicha, U.M. 2020. Manajemen Marketing Pendidikan Islam; Upaya Meningkatkan Bargaining Power MTs Nurul Islam Kapasbaru Surabaya. AL-Ibrah, 5(1), 1-26.

Hamdani, D. (2021). Pengaruh Produk, Biaya Dan Lokasi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah (Studi Kasus di Smk Mahaputra Cer-das Utama di Kab.Bandung). Jurnal Bisnis & Teknologi, 13(2), 15-22.

Hanum, N.A., Supriyadi, A. & Timan, A. (2020). Pengembangan

Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 38-50.

Irwansyah, R. dkk. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Kasenda, M. M., Kalangi, J. A. F., & Mukuan, D. D. S. (2021). Pengaruh Marketing Mix Strategy terhadap Consumer Loyality pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Productivity, 2(4), 276–281.

Khasanah, N.N., Arifin, I. & Nurabadi, A. (2021). Analisis Faktor Orang Tua Menyekolahkan Anak pada Sekolah Dasar Berbasis Islam di Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pen-didikan, 1 (6), 2021, 495-502.

Mahnunah, F.K. & Roesminingsih, E. (2019). Hubungan Antara Pro-mosi dan Citra Sekolah dengan Keputusan Siswa Memilih Mad-rasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pen-didikan, 7 (1), 1-12.

Maisah, Mahdayeni, Maryam, & Muhammad Roihan Alhaddad. (2020). Penerapan 7P sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1 (4), 325-333.

Mujid, Abdul & Andrian. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pela-yanan, dan Harga terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3 (2), 66-76.

Rahayu, Naning Sri. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepu-tusan Siswa Memilih Sekolah di SMA Negeri 1 Pulung. Tesis IAIN Po-norogo, Jawa Timur.

Rosmaniar, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Surabaya. Kinerja, 16 (1), 22-33.

Sudirjo, F. (2023). Marketing Strategy in Improving Product Competi-tiveness in the Global Market. Journal of Contemporary Administra-tion and Management (ADMAN), 1(2), 63–69.

Sunariani, N.N. (2017). Marketing Mix dan Akreditasi terhadap Kepu-tusan Memilih dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2 (2), 368-377.

Supriyadi, Yuntawati Fristin, & Ginanjad Indra K.N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 135-144.

Suryani, I. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Siswa dalam Pemilihan Sekolah Berbasis Islam di MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga UNESA, 4 (2), 1-11.

Wirawan, F.A.W. & Oktivera, E. (2022). Komunikasi Word-of-Mouth da-lam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 7 (2), 219-232.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Sekolah terhadap Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah dengan Word of Mouth sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus SMP Berbasis Pesantren pada SMP TQT Madinatul Qur’an). (2025). Journal of Business & Banking, 14(02), 221-234. https://doi.org/10.14414/jbb.v14i02.4962

Similar Articles

21-30 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.