Percaya tidak percaya: Benarkah jika kepercayaan dapat dibangun setelah mengkonsumsi suatu konten? (Studi fenomenologi konten edukasi pada ternak uang)

Authors

  • Nyoman Sri Manik Parasari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Bali
  • A.A. Istri Agung Maheswari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Bali
  • I Gusti Ngurah Oka Ariwangsa Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Bali
  • Ni Putu Ayu Mirah Indrayani Setyawati Koeslila Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Bali

DOI:

https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3801

Keywords:

Digital marketing, Educational content, Brand trust, Purchase decision

Abstract

Penelitian ini membahas pemasaran digital yang berfokus pada pemasaran konten edukasi finansial pada aplikasi Ternak Uang, bagaimana konten edukasi finansial dapat membangun kepercayaan merek, dari kepercayaan tersebut akan memperkuat hubungan konsumen dengan merek, mendorong untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada konten edukasi Ternak Uang. Tahap pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa faktor kepercayaan merek yang dibangun melalui konten edukasi dapat mempengaruhi keputusan pembelian, tetapi alasan keuangan menjadi faktor penghalang keputusan tersebut. Hasil penelitian ini adalah konten edukasi mengedukasi konsumen dalam menawarkan produk dan memenuhi sumber informasi yang dikemas dalam bentuk konten akan lebih dipercaya, jika pemberi informasi tersebut merupakan orang yang ahli dalam bidang investasi dan keuangan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi melalui konten edukasi yang efektif dalam mempengaruhi keputusan konsumen agar percaya dengan merek. Implikasi penelitian ini adalah kredibilitas dan otoritas terhadap konten edukasi Ternak Uang, pengambilan keputusan konsumen, pembentukan sikap dan kepercayaan terhadap potensi bisnis Ternak Uang serta berbagi minat dan tujuan yang sama.

References

Apriliani, H. Z. (2022). Beredarnya Berita Hoax di Masyarakat dan Pentingnya Literasi Digital. Kompasiana. Diakses di: https://www.kompasiana.com/zahraapriliani/62b00748bb44862e3b1f9493/beredarnya-berita-hoax-di-masyarakat-dan-pentingnya-literasi-digital?page=2&page_images=1.

Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4), 1-6. http://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125.

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93. https://doi.org/10.1509/jmkg.65.2.81.18255

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design. Choosing Among Five Approaches (3rd Edition). SAGE Publications Inc.

Annur, C. M. (2022). Kominfo Blokir 3.180 Konten Investasi Bodong, Forex Ilegal Terbanyak. Databoks. Diakses di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/11/kominfo-blokir-3180-konten-investasi-bodong-forex-ilegal-terbanyak.

Gawade, Ms. C. (2019). Fostering Innovation, Integration and Inclusion Through Interdisciplinary Practices in Management. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 7, 91-94. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23072.

Knihová, L. (2021). The Role Of Educational Content In A Digital Marketing Strategy. Communication Today.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall

Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4), 1-17. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers ’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4, 341–370.

Le, D. (2013). Content Marketing. Thesis. HAAGA-HELIA. University of Applied Sciences.

Lubis, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek (Trust In Brand) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Kosmetik Marhadi Skripsi. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Mubtadi, V. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Digital untuk Lawan Hoaks. Voaindonesia. Diakses di: https://www.voaindonesia.com/a/upaya-meningkatkan-literasi-digital-untuk-lawan-hoaks/5928582.html.

Padilla Vivero, D., & Isabel Almeida Costa, A. (2016). The Effect of Educational Content Marketing on Facebook Brand Engagement. Dissertation. Business Administration at CATÓLICA LISBON School of Business & Economics

Pulizzi, J. (2013). Epic Content Marketing : How to Tell a Different Story, Break through the Clutter, and Win More Customers by Marketing Less. McGraw Hill Education.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Syahputra, E. (2022). Edukasi Finansial ke Anak Muda, Ternak Uang Disuntik Dana. CNBC. Diakses di: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220207145602-37-313476/edukasi-finansial-ke-anak-muda-ternak-uang-disuntik-dana

Vania, H. (2022). 73 Persen Masyarakat Mendapatkan Informasi dari Media Sosial. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/20/73-persen-masyarakat-mendapatkan-informasi-dari-media-sosial

Yang, X. (2016). Education Marketing Research. Theoretical Economics Letters, 06(05), 1180–1185. https://doi.org/10.4236/tel.2016.65111.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Parasari, N. S. M., Maheswari, A. I. A., Ariwangsa, I. G. N. O., & Koeslila, N. P. A. M. I. S. (2023). Percaya tidak percaya: Benarkah jika kepercayaan dapat dibangun setelah mengkonsumsi suatu konten? (Studi fenomenologi konten edukasi pada ternak uang). Journal of Business &Amp; Banking, 13(1), 71–86. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3801

Most read articles by the same author(s)