PELATIHAN PELAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN SAK EMKM BAGI UMKM IWAPI JAWA TIMUR

Authors

  • Prawita Yani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya http://orcid.org/0000-0002-2509-2488
  • Muktar Redy Susila STIESIA Surabaya
  • Wawan Cahyo Nugroho STIESIA Surabaya
  • Fastha Aulia Pradhania STIESIA Surabaya
  • Hermono Widiarto STIESIA Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3596

Keywords:

SAK EMKM, wanita pelaku usaha, UMKM, laporan keuangan

Abstract

Teknologi indsutri sekarang ini sudah merambah di semua divisi perusahaan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga dituntut untuk bisa mengaplikasikan dalam operasional usahanya. Salah satu peran teknologi terlihat dalam pembuatan laporan keuangan rutin. Namun, banyak UMKM belum mampu untuk menyajikan laporan keuangan yang berbasis teknologi. Melalui pelatihan ini, tim memberikan pendampingan bagi wanita pelaku usaha dari beberapa UMKM untuk menyajikan laporan keuangan rutin menggunakan MS Excel. Format sederhana telah disiapkan oleh tim dosen. Wanita pelaku usaha hanya diwajibkan untuk mengisi arus kas usaha sehari-hari ke dalam format yang telah disediakan. Respon positif ditunjukkan oleh peserta selama workshop sehari yang dilakukan secara offline dengan jumlah pertanyaan yang diajukan dan sesuai dengan usahanya masing-masing. Sementara kondisi berbeda ditunjukkan pada saat proses pendampingan online selama satu minggu. Dengan data bulan Juni 2022, banyak partisipan yang kesulitan mengalokasikan waktu untuk memasukkan data yang dibutuhkan pada format yang disediakan. Ke depannya, komitmen dari organisasi sangat diperlukan untuk bisa membuat partisipan berkomitmen dan mendedikasikan waktunya secara penuh untuk mengikuti proses pendampingan.

References

Adiyanto, W., & Afiati, A. I. (2020). Mekanisme Kuasa dalam Fenomena Mom Shaming pada Peran Perempuan Sebagai Ibu. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1).

Aryanti, F. P., Nurhalizah, F., & Jannah, H. (2022). Pengaruh Kontribusi Pembiayaan Mikro Modal Kerja di dalam Lembaga Keuangan Perbankan Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Demang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 699–709.

Bismala, L. (2016). Model manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26.

Juita, V. (2016). Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sektor Jasa Perdagangan di Padang, Sumatera Barat. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 9(1).

Khorida, S., Liyanti, B. A., Pertiwi, Y., & Wijayanti, A. (2022). Sosialisasi UMKM di Dusun Singkil Kelurahan Parangjoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 174–182.

Ningtyas, J. D. A., Si, M., & Pusmanu, P. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus di Umkm Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17.

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341–347.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Setyawati, N. W., & Ningrum, E. P. (2018). Potensi Peran Wanita Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Nelayan. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(1).

Sherlywati, S., Handayani, R., & Harianti, A. (2017). Analisis Perbandingan Kemampuan Kewirausahaan Pengusaha Perempuan dan Laki-Laki: Studi pada UMKM di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 155–166.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor Internal dan Eksternal pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.

Thohari, C. A. F., & Meiningtias, D. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Perempuan dalam Perawatan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 20(1), 28–42.

Yani, P., Susila, M. R., Nugroho, W. C., & Putri, R. C. (2021). Pelatihan Strategi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. SOCIETY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 78–84.

Yani, P., Susila, M. R., Nugroho, W. C., Widiarto, H., & Pradhani, F. A. (2022). Pemberdayaan Digital Marketing bagi Kelompok Usaha Wanita Fatayat Jawa Timur. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 1–11.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Yani, P., Susila, M. R., Nugroho, W. C., Pradhania, F. A., & Widiarto, H. (2023). PELATIHAN PELAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN SAK EMKM BAGI UMKM IWAPI JAWA TIMUR. Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 88–96. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3596