Pendampingan Digitalisasi Pelaku UMKM Kelurahan Kedurus

Authors

  • Muktar Redy Susila STIESIA Surabaya
  • Jamil
  • Elthaf Stiesia
  • Dian Stiesia
  • Krisna Stiesia

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v4i2.4544

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Marketing, Keuangan

Abstract

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin meningkat jumlahnya. Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari segi kualitasnya, hal ini dikarenakan dukungan kuat dari pemerintah dalam pengembangan yang dilakukan kepada para pelaku UMKM, yang mana hal tersebut sangat penting dalam mengantisipasi kondisi perekonomian ke depan serta menjaga dan memperkuat struktur perekonomian nasional. Terdapat 25 pelaku UMKM RW 08 Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Kota Surabaya.  Pada saat ini, para pelaku UMKM tersebut menjalankan bisnisnya masih ada yang belum terjamah digitalisasi. Terdapat beberapa pelaku UMKM yang belum menggunakan platform digital untuk menjual produknya. Kondisi lainnya juga menunjukan bahwa pecatatan keuangan pada pelaku UMKM belum tercatat dengan rutin dan belum rapi. Kondisi tersebut menunjukan belum optimalnya penggunaan teknologi oleh para pelaku UMKM. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan yaitu mengoptimalkan penggunaan digitalisasi marketing dan pencatatan keuangan kepada pelaku UMKM. Metode yang digunakan yaitu pemetaan, pendampingan, monitoring dan evalusi, serta pembuatan laporan. Hasil  akhir  dalam  kegiatan  ini  adalah  mitra  mampu menggunakan aplikasi Shopee dan Akuntansiku untuk menjalankan bisnisnya.

References

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.

Yani, P., Susila, M. R., Nugroho, W. C., Widiarto, H., & Pradhani, F. A. (2022). Pemberdayaan Digital Marketing bagi Kelompok Usaha Wanita Fatayat Jawa Timur. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 1–11.

Yuwana, S. I. P., & Hasanah, H. (2021). Literasi produk bersertifikasi halal dalam rangka meningkatkan penjualan pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 104–112.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Susila, M. R., Jamil, M., Ilahiyah, E., Yahya, D. R., & Damayanti, K. (2024). Pendampingan Digitalisasi Pelaku UMKM Kelurahan Kedurus . Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v4i2.4544

Issue

Section

Articles