PERAN DIFERENSIASI ASOSIATIF DAN KEUNGGULAN POSISIONAL DIFERENSIATIF UNTUK MENGELOLA INOVASI PROSES DAN KINERJA BISNIS: Study Empiris Pada UMKM di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1283Keywords:
inovasi proses, Diferensiasi asosiatif, kualitas posisioning produk, Keunggulan Posisional Diferenstiaf, Kinerja bisnisAbstract
Abstrak
Penelitian ini bermula dari adanya kesenjangan penelitian hubungan antara inovasi proses dan kinerja bisnis. Dari kesenjangan penelitian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teoritikal baru dengan mengembangkan konstruk diferensiasi asosiatif yang berupaya untuk menyelesaikan kesenjangan hubungan inovasi proses dan kinerja bisnis tersebut.  Sampel sejumlah 166 UMKM Batik yang berada di Indonesia (Pekalongan,  Solo, DI Yogya)  dengan menggunakan teknik analisis Struktural equation modeling (SEM). Hasil menunjukan bahwa inovasi proses (IP) berpengaruh signifikan terhadap diferensiasi asosiatif  (DA) serta diferensiasi asosiatif (DA) berpengaruh signifikan terhadap keunggulan posisional diferensiatif (KPD) yang pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis.(KB). Hasil lain yang mengejutkan adalah kualitas posisioning produk (KP) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap diferensiasi asosiatif (DA) serta diferensiasi asosiatif (DA) bepengauh positif tetapi  tidak signifikan terhadap kinerja bisnis (KB)