Pelatihan Pelatihan Kiat Membangun Disiplin Positif Dalam Pendidikan Keluarga

Authors

  • Yulianti Yulianti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3561

Keywords:

Disiplin Positif, Pendidikan Keluarga,

Abstract

Era Industri 4.0 sebagai tantangan orang tua dalam pola asuh pendidikan keluarga. Mulai dari anak dalam kandungan hingga melampaui pertumbuhan dan perkembangan. Perlu kiranya orang tua, guru, maupun anggota  masyarakat untuk memahami bagaimana membangun sikap disiplin positif. Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan dengan tema “kiat membangun disiplin positif dalam pendidikanâ€.  Diberikan pada orang tua dan saudara relawan keluarga di wilayah jawa timur. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada orang tua terkait pendekatan psikologis sesuai masa perkembangan anak, agar orang tua dapat menjalankan perannyadalam membangun dissiplin positif dalam pendidikan di keluarga. Adapun materi yang diberikan untuk guru berkaitan dengan pembelajaran anak SDâ€. Hasil pelatihan menggambarkan bahwa pelatihan terkait membangun disiplin positif dibutuhkan oleh orang tua, terlihat dari hasil dari hasil evaluasi bahwa hamper 90% orang tua merasa memperoleh pemahaman terkait membangun karakter anak, walaupun baru sekitar 85% orangtua yang sudah mulai menerapkan materi tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh masukan agar pada kegiatan selanjutnya lebih  banyak ditambahkan materi praktek dan tugas rumah yang dievaluasi secara berkala.

Author Biographies

  • Yulianti Yulianti, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
    Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Prihatin Sulistyowati, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
    Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Febriandari, E. I. (2017). Penerapan Metode Disiplin Positif Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak SD. Karya Ilmiah Dosen, 1(1), 153–168. https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/132

Hidayat, N., & Darwati, S. (2016). Disiplin Positif; Membentuk Karakter Tanpa Hukuman. The Progressive and Fun Education Seminar, 471–477.

Pratiwi, N. K. S. P. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Shihab, N. (2017). Keluarga Kita Mencintai dengan Lebih Baik.

Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 162. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3123

Downloads

Additional Files

Published

2023-01-12

How to Cite

Pelatihan Pelatihan Kiat Membangun Disiplin Positif Dalam Pendidikan Keluarga. (2023). Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 65-73. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3561

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.