Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Batik Giriloyo yang dimediasi oleh orientasi belajar dan strategi diferensiasi

Authors

  • Yasar Habib Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • M Irhas Effendi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Sabihaini Sabihaini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3685

Keywords:

Entrepreneurial Orientation, SME Performance, Learning Orientation, Differentiation Strategy

Abstract

Kerajinan Batik Tulis Giriloyo, Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mencari kain batik tulis yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja ukm yang dimediasi oleh orientasi belajar dan strategi diferensiasi pada UKM Batik Giriloyo di Desa Wu-kirsari Kabupaten Bantul dengan sampel sebanyak 35 UKM batik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil menunjukan semua hipotesis didukung antara lainnya adalah (1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM pada UKM Batik Giriloyo, (2) Orientasi kewirausahaan ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM yang dimediasi oleh orientasi belajar pada UKM Batik Giriloyo, dan (3) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM yang dimediasi oleh strategi diferensiasi pada UKM Batik Giriloyo. Bisa direkomendaikan ecara praktis sebaiknya UKM Batik Giriloyo dapat meningkatkan sistem pemasaran dan metode pemasarannya yang melalui media sosial meskipun hal itu telah dilakukan oleh pemilik usaha.

References

Atitumpong, A., & Badir, Y. F. (2018). Leader-Member Exchange, Learning Orientation And Innovative Work Behavior. Journal of Workplace Learning, 30(1), 32–47.

Badan Pusat Statistik, (2021) Diambil dari https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/35.

Chih-Yuan Chen, H.-H. H.-C. (2017). The Mediating Roles of Differentiation Strategy and Learning Orientation in the Relationship Between Entrepreneurial Orientation and Firm Performance. Corporate Management Review, 37(1), 1- 40.

Choi, Sangmi. (2012). Learning Orientation and Market Orientation as Catalysts for Innovation in Nonprofit Organizations. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 43(2), 393-413.

Eris, E.D., Neczan, O. and Ozmen, T. (2012) The Effect of Market Orientation, Learning Orientation and Innovativeness on Firm Performance: A Research from Turkish Logistics Sector. International Journal of Business and Economic Sciences Applied Research, 5, 77-108.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jannah, M., Irawati, A., & Purnomo, H. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UMKM Batik Gedog Khas Tuban. Eco-Entrepreneur, 5(1), 33-48.

Kurniawan, D. (2009). Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Diakses pada http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm.

Lukiastuti, F. (2021). Orientasi Wirausaha, Orientasi Pasar dan Kinerja UKM: Pengaruh Mediasi Strategi Cost Leadership di Masa Pandemi Covid 19 (Studi pada UKM Laundry di Kota, Semarang). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 168-190.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.

Prasetyo, T. & Harjanti, D. (2013). Modal Sosial Pengusaha Mikro dan Kecil Sektor Informal dan Hubungannya dengan Kinerja Bisnis di Wilayah Jawa Timur. AGORA, 1(3), 1641-1644.

Sabihaini & Januar, E. Prasetio. (2016). Potret Karakteristik Pengusaha UKM. Pendekatan manajemen Strategik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pembangunan nasional “Veteran†Yogyakarta.

Sabihaini, J. E. (2020). Competitive Strategy and Business Environment on Smes Performance in Yogyakarta, Indonesia. International Journal of Management, 11(8), 1370-1378.

Sinkula, J. M. (1997). A framework for market-based organizational learning: Linking values, knowledge, and behavior. Journal of the Academy of Marketing Science, 25(4), 305-318.

Utama, L., 2018. Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba terhadap Kinerja Penerima Waralaba dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai mediasi. Conference on Management and Behavioral Studies, Universitas Tarumanagara.

Vermunt, J.D., & Donche, V. (2017). A Learning Patterns Perspective on Student Learning in Higher Education: State of the Art and Moving Forward. Educational Psychology Review, 29, 269–299.

Wardi, Y., Susanto, P., Abdullah, N. L., (2017). Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(1), 46–61.

Zhou, K.Z., Yim, C.K. and Tse, D.K. (2005) The Effects of Strategic Orientations on Technology and Market-Based Breakthrough Innovations. Journal of Marketing, 69, 42-60.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Habib, Y., Effendi, M. I., & Sabihaini, S. (2023). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Batik Giriloyo yang dimediasi oleh orientasi belajar dan strategi diferensiasi. Journal of Business &Amp; Banking, 13(1), 19–31. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3685