Determinan Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah: Studi Empiris di Kota Jambi

Authors

  • Titin Agustin Nengsih UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsa Arsa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Pradita Sari Putri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599

Keywords:

Location, Trust, Knowledge, Promotion, Quality of Service

Abstract

This research is motivated by the lack of public interest for saving at Islamic Banks which the results of preliminary observations are most people save at conventional banks. Location, trust, knowledge, promotion and service quality are thought to influence people's interest for saving at Islamic Banks. This study aims to determine the effect of location, trust, knowledge, promotion, and service quality on the interest of the people of Jambi City to save in Islamic banks. This study uses a quantitative approach and the data analysis method used is Multiple Linear Regression Analysis. The results of data analysis indicate that trust, promotion and service quality variables had a significant effect on people's interest in saving. Furthermore, the location and knowledge variables didn’t affect the interest in saving. Indeed, the analysis model also shows that location, trust, knowledge, promotion and service quality together have a significant effect on the interest in saving with the determinant coefficient value for this model of 47.8%.

References

Aris Purwanto, 2016, 'Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Boyolali'. Skripsi IAIN Salatiga.

Asih Fitri Cahyani, Saryadi dan Sendhang Nurseto, 2013, 'Pengaruh Persepsi Bunga Bank dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Bank BNI Syariah di Kota Semarang', Dipenogoro Journal of Social And Politic.

Ayif Fathurrahman dan Fahmi Zulfikar, 2020, ' Empirical Determinants of Saving in Islamic Banks at Tasikmalaya City'. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2).

Danang Sunyoto, 2013, Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen), Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Service).

Donni Juni Priansa, 2017, Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: ALFABETA, cv.

Edwin Prassetio, 2017, 'Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan)'. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Eko Fajar Cahyono, M. Fariz Fadillah Mardianto, dan Tika Widiastuti, 2020, 'Comparison Of Islamic Banks Performance And Conventional Banks Performance In Muslim-Majority Provinces And Non-Muslim Majority Provinces', Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2).

Fandy Tjiptono, 2007, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi.

Franky Slamet, Hetty Karunia Tunjungsari dan Mei Ie, 2018, Dasar-Dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik, Edisi Ketiga, Jakarta Barat: PT. Indeks.

Hamdi Agustin, 2018, Studi Kelayakan Bisnis Syariah, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Haris Ilham Prabowo, 2019, 'Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Dengan Variabel Promosi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Desa Reksosari Kab. Semarang)', Skripsi IAIN Salatiga.

Ilham Wahyudi and Eka Julianti Efris Saputri, 2018, 'Determinants of Customer's Decision in Selecting Banking Services in the Province of Jambi', In Proceedings of the 1st Unimed International Conference on Economics Education and Social Science (UNICEES 2018), hal 1349-1356.

James F. Engel, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, 2011, Perilaku Konsumen, Tangerang: Binarupa Aksara.

Juneman, 2013, 'Common Method Variance dan Bias dalam Penelitian Psikologis', Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 2(5), 364–381.

Juwita Permata Sari, 2017, 'Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Bagi Hasil, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BRI Syariah Jambi'. Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Karina Halimah Asmar, 2019, Pengaruh Pelayanan, Promosi, Lokasi, Dan Bagi Hasil Bank Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Bri Syariah Kcp Sudirman Lubuk Pakam', Skripsi UIN Sumatera Utara.

Khanif Rahmanto, 2016, 'Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariah'. Skripsi IAIN Salatiga.

Khoirul Jaswadi, 2018, 'Pengaruh Keyakinan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Menabung Di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan'. Skripsi UIN Walisongo.

Lester D. Crow dan Alice Crow, 1998, Psikologi Belajar, Surabaya: Bina Ilmu.

Muhammad Ridwan Basalamah dan Mohammad Rizal, 2018, Perbankan Syariah, Malang: Empatdua Media.

Nurul Saraswati, 2016, 'Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat KCP Magelang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Magelang', Skripsi UIN Walisongo.

Philip Podsakoff, P. M., MacKenzie, S. B., Lee, J. Y., dan Podsakoff, N. P, 2003, 'Common method biases in behavioral research: A critical review of the literature and recommended remedies'. Journal of Applied Psychology, 88(5), 879–903.

Rahma Bellani Oktavindria Iranati, 2017, 'Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah', Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rifqi Suprapto dan M. Zaky Wahyuddin, 2020, Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Sunardi dan Fety Aniarsih, 2013, 'Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di Kelapa Dua-Tangerang'. Islaminomic Jurnal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 53–78.

Titin Agustin Nengsih, Nofrianto, Elyanti Rosmanidar dan Wisnu Uriawan, 2021, 'Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri', Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah (Journal of Islamic Economics), 13(1).

Titin Agustin Nengsih, Fadhlul Mubarak dan Vinny Yuliani Sundara, 2020, Pemograman R Dasar, Penerbit : Forum Pemuda Aswaja.

Titin Agustin Nengsih dan Siti Jumaidah, 2020, Tingkat Kepuasan Konsumen Dalam Memilih Fashion Busana Muslim dalam Pemberdayaan Ekonomi dan Bisnis Muslim Jambi Dalam Perspektif Wirausaha, Ahlimedia Press.

Titin Agustin Nengsih, Frédéric Bertrand, Myriam Maumy-Bertrand dan Nicolas Meyer, 2019, 'Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set', Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, 18(6).

Yudrik Jahja, 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-08-16

How to Cite

Nengsih, T. A., Arsa, A., & Putri, P. S. (2021). Determinan Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah: Studi Empiris di Kota Jambi. Journal of Business &Amp; Banking, 11(1), 93–111. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599