Mempersiapkan Generasi Emas: Pengembangan Softskill Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di Era Industri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5281Keywords:
softskill, personal branding, experiential learning, siswa SMA, Revolusi Industri 5.0Abstract
Era Revolusi Industri 5.0 menuntut generasi muda untuk tidak hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan non-teknis atau softskill seperti kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kerja sama tim, dan personal branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam mengembangkan softskill melalui pelatihan interaktif dan aplikatif. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas XII.4 dan XII.9 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dengan total peserta 60 orang. Metode pelaksanaan mencakup empat tahapan: persiapan, pelatihan, pendampingan,dan evaluasi,. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan experiential learning yang melibatkan ceramah interaktif, simulasi, diskusi, dan praktik penyusunan deskripsi diri bertema “Who am I?”. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest. Peningkatan tertinggi terlihat pada materi digital marketing dan personal branding. Kegiatan ini tidak hanya berhasil meningkatkan aspek kognitif siswa, tetapi juga memperkuat keterampilan refleksi diri, komunikasi, dan rasa percaya diri. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia kerja dan pendidikan tinggi di masa depan. Program pengabdian ini diharapkan dapat direplikasi di sekolah lain sebagai bentuk sinergi antara perguruan tinggi dan pendidikan menengah dalam mencetak generasi emas Indonesia.
References
Ainiyah, N., Zuliarti, Z., & Lestari, E. D. (2023). Penguatan soft skill siswa SMA melalui pendidikan karakter dalam kegiatan non-formal. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.53110
Fauziah, D., & Yustina, M. (2023). Penerapan Pre-Post Test dalam Evaluasi Program Pelatihan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 11(2), 98–107.
Fitriana, R., & Nugroho, D. (2021). Personal branding untuk remaja dalam menyiapkan masa depan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 6(1), 35–42.
Handayani, E., & Aji, R. M. (2022). Pengembangan Soft Skills di Sekolah Menengah dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 25–38. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.47852
Nugroho, A., & Wahyuni, D. (2021). Integrasi pengembangan softskill dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 122–130. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.36105
Oktaviani, R., Widodo, H., & Nurhadi, D. (2022). Identifikasi softskill dalam kurikulum pendidikan menengah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150–162. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.48811
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2020). Preparing Indonesia for Society 5.0: A Review and Insight. Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 13(2), 123–134.
Putri, A. D., Susanto, H., & Sasmita, D. (2023). Evaluasi pelatihan softskill berbasis experiential learning pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 11(2), 98–107.
Putri, R. D., & Wicaksono, A. P. (2021). Community-Based Education sebagai Pendekatan dalam Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 213–221.
Saputra, Y. A., Darmawan, D., & Widodo, H. (2021). Urgensi Soft Skills dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Generasi Muda di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 277–286.
Sari, A. R., & Nurtanto, M. (2021). Pendekatan Experiential Learning dalam Penguatan Soft Skills Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 45–58.
Sulaiman, R., Wahyuni, R., & Huda, N. (2020). Analisis Kebutuhan Mitra sebagai Dasar Pengembangan Program Abdimas yang Efektif. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 40–49.
Trilling, B., & Fadel, C. (2019). 21st century skills: Learning for life in our times (2nd ed.). Jossey-Bass.
Wahyuni, S., & Azizah, N. (2023). Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Karakter dan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 89–97.
Wibowo, B. H., & Suwandi, S. (2020). Evaluasi efektivitas pelatihan melalui metode Kirkpatrick. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 15–27. https://doi.org/10.21831/jep.v10i1.30245
Yustina, M., & Fauziah, D. (2022). Refleksi diri sebagai pendekatan evaluatif dalam pembelajaran soft skill. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 9(3), 134–142.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Larasati Ayu Sekarsari, Tjahjani, Nurcholis Setiawan, Aniek Maschudah Ilfitriah, Emma Yulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.