Mempersiapkan Generasi Emas: Pengembangan Softskill Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di Era Industri 5.0

Authors

  • Larasati Ayu Sekarsari Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Tjahjani Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Nurcholis Setiawan Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Aniek Maschudah Ilfitriah Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Emma Yulianti Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5281

Keywords:

softskill, personal branding, experiential learning, siswa SMA, Revolusi Industri 5.0

Abstract

Era Revolusi Industri 5.0 menuntut generasi muda untuk tidak hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan non-teknis atau softskill seperti kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kerja sama tim, dan personal branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam mengembangkan softskill melalui pelatihan interaktif dan aplikatif. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas XII.4 dan XII.9 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dengan total peserta 60 orang. Metode pelaksanaan mencakup empat tahapan: persiapan, pelatihan, pendampingan,dan  evaluasi,. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan experiential learning yang melibatkan ceramah interaktif, simulasi, diskusi, dan praktik penyusunan deskripsi diri bertema “Who am I?”. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest. Peningkatan tertinggi terlihat pada materi digital marketing dan personal branding. Kegiatan ini tidak hanya berhasil meningkatkan aspek kognitif siswa, tetapi juga memperkuat keterampilan refleksi diri, komunikasi, dan rasa percaya diri. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia kerja dan pendidikan tinggi di masa depan. Program pengabdian ini diharapkan dapat direplikasi di sekolah lain sebagai bentuk sinergi antara perguruan tinggi dan pendidikan menengah dalam mencetak generasi emas Indonesia.

References

Ainiyah, N., Zuliarti, Z., & Lestari, E. D. (2023). Penguatan soft skill siswa SMA melalui pendidikan karakter dalam kegiatan non-formal. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.53110

Fauziah, D., & Yustina, M. (2023). Penerapan Pre-Post Test dalam Evaluasi Program Pelatihan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 11(2), 98–107.

Fitriana, R., & Nugroho, D. (2021). Personal branding untuk remaja dalam menyiapkan masa depan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 6(1), 35–42.

Handayani, E., & Aji, R. M. (2022). Pengembangan Soft Skills di Sekolah Menengah dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 25–38. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.47852

Nugroho, A., & Wahyuni, D. (2021). Integrasi pengembangan softskill dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 122–130. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.36105

Oktaviani, R., Widodo, H., & Nurhadi, D. (2022). Identifikasi softskill dalam kurikulum pendidikan menengah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150–162. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.48811

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2020). Preparing Indonesia for Society 5.0: A Review and Insight. Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 13(2), 123–134.

Putri, A. D., Susanto, H., & Sasmita, D. (2023). Evaluasi pelatihan softskill berbasis experiential learning pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 11(2), 98–107.

Putri, R. D., & Wicaksono, A. P. (2021). Community-Based Education sebagai Pendekatan dalam Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 213–221.

Saputra, Y. A., Darmawan, D., & Widodo, H. (2021). Urgensi Soft Skills dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Generasi Muda di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 277–286.

Sari, A. R., & Nurtanto, M. (2021). Pendekatan Experiential Learning dalam Penguatan Soft Skills Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 45–58.

Sulaiman, R., Wahyuni, R., & Huda, N. (2020). Analisis Kebutuhan Mitra sebagai Dasar Pengembangan Program Abdimas yang Efektif. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 40–49.

Trilling, B., & Fadel, C. (2019). 21st century skills: Learning for life in our times (2nd ed.). Jossey-Bass.

Wahyuni, S., & Azizah, N. (2023). Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Karakter dan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 89–97.

Wibowo, B. H., & Suwandi, S. (2020). Evaluasi efektivitas pelatihan melalui metode Kirkpatrick. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 15–27. https://doi.org/10.21831/jep.v10i1.30245

Yustina, M., & Fauziah, D. (2022). Refleksi diri sebagai pendekatan evaluatif dalam pembelajaran soft skill. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 9(3), 134–142.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mempersiapkan Generasi Emas: Pengembangan Softskill Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di Era Industri 5.0. (2025). Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 46-56. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5281

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.