Pelatihan Personal Branding: Menjadi Prima (Pribadi Mandiri) Dan Bertata Krama Melalui Pengembangan Mindset

Authors

  • Nur Suci
  • Tatik Suryani Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Yudha Delonix Renzina Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Diyah Pujiati Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Muhammad Septama Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5279

Keywords:

Pribadi mandiri, Personal Branding, Mindset

Abstract

Mitra dalam pengabdian masyarakat  ini adalah siswa-siswa kelas XII pada Sekolah Menengah Atas Negeri 20 Surabaya. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang menunjukkan (1) kurangnya pemahaman  dan kesadaran siswa untuk berpikir dewasa dan bertindak secara   mandiri, (2) belum terbiasanya siswa dalam menerapkan tata krama di lingkungan sekolah, dan  (3) kurangnya kesadaran untuk mengoptimalkan waktu yang ada untuk mendukung keberhasilan studi dan mendukung keberhasilan masa depan. Adapun  solusi yang ditawarkan adalah melakukan pelatihan kepada para siswa SMA Negeri 20 Surabaya mengenai cara mentrasnformasi mind set untuk  mengembangkan kepribadian dengan membangun kemandirian dan berperilaku sesuai dengan tata krama yang berlaku melalui pemanfaatan waktu  dengan time management yang efektif sehingga dapat mendukung personal branding. Hal ini relevan dengan program pengembangan profil pelajar Pancasila  elemen 1 (berakhlak mulia) dan elemen 4 (Mandiri). Tahapan yang dilaksanakan dalam kegiatan PKM ini  terdiri dari lima tahap, yakni: tahap identifikasi kebutuhan, tahap persiapan, tahap penentuan jadwal pelatihan, tahap pelaksanaan (edukasi) atau tahap pelatihan dan tahap evaluasi.

References

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10. 33487/edumaspul.v6i1.3622

Juraidah, & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1).

Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, & Durrotun Ni’mah. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2) https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Personal Branding: Menjadi Prima (Pribadi Mandiri) Dan Bertata Krama Melalui Pengembangan Mindset. (2025). Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 38-45. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5279

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.