Pelatihan Personal Branding: Menjadi Prima (Pribadi Mandiri) Dan Bertata Krama Melalui Pengembangan Mindset
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v6i2.5279Keywords:
Pribadi mandiri, Personal Branding, MindsetAbstract
Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswa kelas XII pada Sekolah Menengah Atas Negeri 20 Surabaya. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang menunjukkan (1) kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa untuk berpikir dewasa dan bertindak secara mandiri, (2) belum terbiasanya siswa dalam menerapkan tata krama di lingkungan sekolah, dan (3) kurangnya kesadaran untuk mengoptimalkan waktu yang ada untuk mendukung keberhasilan studi dan mendukung keberhasilan masa depan. Adapun solusi yang ditawarkan adalah melakukan pelatihan kepada para siswa SMA Negeri 20 Surabaya mengenai cara mentrasnformasi mind set untuk mengembangkan kepribadian dengan membangun kemandirian dan berperilaku sesuai dengan tata krama yang berlaku melalui pemanfaatan waktu dengan time management yang efektif sehingga dapat mendukung personal branding. Hal ini relevan dengan program pengembangan profil pelajar Pancasila elemen 1 (berakhlak mulia) dan elemen 4 (Mandiri). Tahapan yang dilaksanakan dalam kegiatan PKM ini terdiri dari lima tahap, yakni: tahap identifikasi kebutuhan, tahap persiapan, tahap penentuan jadwal pelatihan, tahap pelaksanaan (edukasi) atau tahap pelatihan dan tahap evaluasi.
References
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10. 33487/edumaspul.v6i1.3622
Juraidah, & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1).
Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, & Durrotun Ni’mah. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2) https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Suci, Tatik Suryani, Yudha Delonix Renzina, Diyah Pujiati, Muhammad Septama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.