PENERAPAN MESIN PEMBUATAN SANGKAR BURUNG EKSKLUSIF DESA GEDOG WETAN KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

Retno Wulandari wulandari, Alfinur Alfinur, Sri Wilujeng

Abstract


Pengabdian ini dilakukan terkait untuk menjawab berbagai persoalan yang terjadi dalam manajemen usaha dan produksi kerajinan sangkar burung di Desa Gedog Wetan kecamatan Turen Kabupaten Malang. Secara spesifik pokok permasalah ini adalah:

(a)   Memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manajemen usaha dan produksi;

(b)   Memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai pembuatan sangkar burung yang berkwalitas;

(c)   Memberikan pengetahuan pemahaman yang benar mengenai penerapan manajemen usaha dan produksi serta cara memasarkan;

(d)   Memberikan pemahaman tentang kreativitas dan inovasi produk kepada pengrajin dan ketua kelompok pengrajin dalam mengembangkan produk sangkar burung.

 

 Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang akan diadakan ini menggunakan metode: pelatihan dan praktik Penggunaan Mesin-mesin modern dalam Pembuatan Sangkar burun. Dalam kegiatan ini dijelaskan mengenai pentingnya penerapan mesin  dalam  produksi sangkar burung. Masyarakat yang menjadi sasaran dari pengabdian ini adalah masyarakat kelompok pengrajin sangkar burung serta masyarakat Desa Gedog Wetan Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi kelompok pengrajin sangkar burung tersebut, maka terdapat solusi permasalahan yakni perlu ada sentuhan pengetahuan dan teknologi, meliputi:

(a)   Teknologi sistem Pengamplasan, penghalusan, Teknologi Pemakuan, Teknologi Pemlituran;

(b)   Praktek Pembuatan  sangkar burung dengan menggunakan mesin-mesin modern, sehingga bisa menaikan kuantitas dan kwalitas sangkar burung;

(c)   Penerapan mesin modern yang bermanfaat langsung bagi kelompok pengrajin sangkar burung, sehingga tingkat produksi dapat meningkat dan lebih berkualitas dengan harapan tingkat penjualanpun dapat meningkat.

Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memberikan inovasi produk sangkar burung dan dapat menambah kapasitas serta kualitas produksi sangkar burung. Disamping itu dengan adanya pelatihan diharapkan mampu menambah kuantitas dan kualitas sangkar burung sehingga dapat  memperluas daerah pemasaran

Keywords


Mesin, Pelatihan Produksi, Inovasi produk, Sangkar Burung, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk ccby logo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.