DIGITAL MARKETING BAGI UMKM: STUDI KASUS BATIK ERA KRISNA

Nur'aini Rokhmania, Soni Harsono, Lutfi Lutfi, Ririn Poerwanti Poerwanti, Yulian Belinda

Abstract


Era Krisna Boutique memiliki usaha di bidang garment dengan gaya ethnic dan stylish. Saat ini penjualan di fokuskan pada butik di jalan Kertajaya Indah, mengikuti beberapa pameran dan pemasaran melalui Instagram. Tetapi sampai dengan 2 tahun pandemi pemasaran melalui digital yang dilakukan oleh Era Krisna belum menunjukkan hasil yang signifikan. Sehingga pada kegiatan pengabdian ini Tim Pendamping menitikberatkan pada digital marketing. Kegiatan Pelatihan digital marketing pada UMKM Batik Era Krisna dilakukan untuk peningkatan penjualan dengan tahapan pelatihan: penentuan target market, identifikasi rencana pemasaran, penentuan media digital, pelatihan sesuai yang dibutuhkan yang terkait dengan pembuatan konten foto dan video produk serta membuat online shop di marketplace, dan analisis hasil pelatihan. Hasil kegiatan pendampingan berdampak positif pada peningkatan upload produk yang dijual, peningkatan jumlah pengikut media sosial, perbaikan pada deskripsi profile e-commerce yang lebih detail. Namun, hingga laporan ini dibuat, belum terdapat peningkatan penjualan produk.


Keywords


Batik, Digital marketing, Online marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


Akbari, D. A., Jastacia, B., Setiawan, E., & Ningsih, D. W. (2022). The Marketing Power of TikTok: A Content Analysis in Higher Education. Binus Business Review, 13(2), 159-170.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Camilleri, M. A. (2018). Market segmentation, targeting and positioning. In Travel marketing, tourism economics and the airline product (pp. 69-83). Springer, Cham.

Chatterjee, S., & Kar, A. K. (2020). Why do small and medium enterprises use social media marketing and what is the impact: Empirical insights from India. International Journal of Information Management, 53, 102103.

Chernev, A. (2020). The marketing plan handbook. Cerebellum Press.

Desai, V. (2019). Digital marketing: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 196-200.

Di Domenico, G., Sit, J., Ishizaka, A., & Nunan, D. (2021). Fake news, social media and marketing: A systematic review. Journal of Business Research, 124, 329-341.

Dubbelink, S. I., Herrando, C., & Constantinides, E. (2021). Social media marketing as a branding strategy in extraordinary times: Lessons from the COVID-19 pandemic. Sustainability, 13(18), 10310.

Ferrel, O. C., Hartline, M., & Lucas, G. H. (2018). Marketing strategy, 6th edition. South Western Thomson Learning.

Fuaddah, Z., Nurhaeni, I. D. A., & Rahmanto, A. (2022). Digital Marketing Strategy for Campaigning@ kedasbeutypusat Social Media Accounts on TikTok Application. In 3rd International Media Conference 2021 (IMC 2021) (pp. 19-30). Atlantis Press.

Guarda, T., Augusto, M. F., Victor, J. A., Mazón, L. M., Lopes, I., & Oliveira, P. (2021). The impact of tiktok on digital marketing. In Marketing and Smart Technologies (pp. 35-44). Springer, Singapore.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer's purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102.

Hutami, S. A. F., & Mutmainah, I. (2021). Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 97-105.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2021). Principles of Marketing, 18th edition. Pearson Education.

Mason, A. N., Narcum, J., & Mason, K. (2021). Social media marketing gains importance after Covid-19. Cogent Business & Management, 8(1), 1870797.

Mawardi, D. (2021). Kebanggaan Indonesia Batik Menjadi Warisan Dunia. Epigraf Komunikata Prima.

Reniati, R., Nugroho, A. A., & Purbolakseto, H. V. (2022). Pendampingan UMKM Kerajinan Lidi Nipah dan Batik di Desa Kace Timur Kabupaten Bangka. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 71-78.

Roma, P., & Aloini, D. (2019). How does brand-related user-generated content differ across social media? Evidence reloaded. Journal of Business Research, 96, 322-339.

Voorveld, H. A., Van Noort, G., Muntinga, D. G., & Bronner, F. (2018). Engagement with social media and social media advertising: The differentiating role of platform type. Journal of Advertising, 47(1), 38-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk ccby logo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.