PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UKM BUSARIMAN SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2839Keywords:
manajemen, sistem informasi, tata kelola, pemasaran digitalAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju mendorong terjadinya perubahan komunikasi konvensional menjadi komunikasi modern, hingga akhirnya hadir media sosial online yang menawarkan kemudahan komunikasi pemasaran dengan sistem online. Sejalan dengan itu, potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di dunia maya memiliki potensi yang cukup besar. UKM BUSARIMAN Surabaya mencoba untuk selalu berbenah dan berinovasi dalam menghadapi perkembangan digitalisasi. Kendala yang dihadapi mitra meliputi dua aspek, yaitu aspek manajemen (pengelolaan UKM) serta aspek pemasaran digital. Kegiatan program pengabdian masyarakat dilakukan dengan diskusi dengan mitra, pembenahan manajemen dan pembuatan media pemasaran digital sekaligus pendampingan hybrid dan pelatihan daring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan media digital Busariman OK dengan mengusung pemasaran digital 4.0.References
Lu, B., Fan, W., & Zhou, M. (2016). Social presence, trust, and social commerce purchase intention: An empirical research. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.057
Nisar, T. M., & Prabhakar, G. (2017). What factors determine e-satisfaction and consumer spending in e-commerce retailing? Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.07.010
Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423
Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134