PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UKM BUSARIMAN SURABAYA

Authors

  • Rohmad Fuad Armansyah Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Achmad Saiful Ulum Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Reza Tianto Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Herwin Ardianto
  • Romi Ilham
  • Moch. Bisyri Effendi
  • Ali Soebijanto

DOI:

https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2839

Keywords:

manajemen, sistem informasi, tata kelola, pemasaran digital

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju mendorong terjadinya perubahan komunikasi konvensional menjadi komunikasi modern, hingga akhirnya hadir media sosial online yang menawarkan kemudahan komunikasi pemasaran dengan sistem online. Sejalan dengan itu, potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di dunia maya memiliki potensi yang cukup besar. UKM BUSARIMAN Surabaya mencoba untuk selalu berbenah dan berinovasi dalam menghadapi perkembangan digitalisasi. Kendala yang dihadapi mitra meliputi dua aspek, yaitu aspek manajemen (pengelolaan UKM) serta aspek pemasaran digital. Kegiatan program pengabdian masyarakat dilakukan dengan diskusi dengan mitra, pembenahan manajemen dan pembuatan media pemasaran digital sekaligus pendampingan hybrid dan pelatihan daring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan media digital Busariman OK dengan mengusung pemasaran digital 4.0.

References

Lu, B., Fan, W., & Zhou, M. (2016). Social presence, trust, and social commerce purchase intention: An empirical research. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.057

Nisar, T. M., & Prabhakar, G. (2017). What factors determine e-satisfaction and consumer spending in e-commerce retailing? Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.07.010

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Armansyah, R. F., Ulum, A. S., Tianto, R., Ardianto, H., Ilham, R., Effendi, M. B., & Soebijanto, A. (2022). PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UKM BUSARIMAN SURABAYA. Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 45–49. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2839

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>