PKM MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA PADA IBU-IBU DI KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM UNTUK MENUJU KELUARGA SEJAHTERA

Sri langgeng Ratnasari, Ervin Nora Susanti, Herni Widiyah Nasrul, Rona Tanjung, Gandhi Sucahyo

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat Mengelola Keuangan Rumah Tangga ini memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi keuangan, khususnya pada Ibu-Ibu Di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Berdasarkan survei awal dari 20 responden diketahui bahwa tingkat literasi keuangan Ibu-Ibu di Kecamatan Sagulung Kota Batam masih rendah dan harus ditingkatkan. Sebanyak 10 orang belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, 5 orang hanya mencatat pengeluaran keluarga saja, dan 5 orang mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan rumah tangga. Metode pengabdian dengan menggunakan penyuluhan dan analisis kualitatif. Hasil pengabdian, setelah dilakukan pre tes dan post tes, dari 100 peserta penyuluhan diperoleh hasil 55 peserta telah paham dalam mengelola keuangan rumah tangga, dapat melakukan perencanaan pengelolaan keuangan rumah tangga, dan melakukan pencatatan keuangan rumah tangga dengan baik.


Keywords


pengelolaan keuangan rumah tangga, literasi keuangan, pengabdian pada masyarakat

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia, (2019). Pengelolaan Keuangan. Jakarta: Grup Pengembangan Keuangan Inklusif Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM Bank Indonesia.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Mulyanti, D., & Sahidillah, N. (2018). Pelatihan Perencanaan Keluarga bagi Ibu-ibu PKK Desa Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 1 (2), 259-267.

Novianti, Leny dan Denziana, Angrieta. (2010). Manajemen Keuangan Keluarga. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender. Vol. 9 No. 2. Hal. 1-11.

Ridwan, S., & Inge, B. (2013). Manajemen Keuangan. Jakarta: Literata Lintas Media.

Siagian, S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukirman, H, R., S, D., & P, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa keuangan). Jurnal Abdimas, 165-169.

Triningsih, Sri dan Widyasari, Fitra. 2010). Manajemen Pengelolaan Dan Perencanaan Keuangan Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Di Kawasan Siwalan Kerto Surabaya. Jurnal Strategi Akuntansi. Vol. 2 No. 1. Januari 2010.

Yohana, C. (2014). Pelatihan Mengelola Keuangan Sederhana bagi Pengusaha Kecil di Desa Cibadak. Jurnal Sarwahita, 67-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk ccby logo

This work isĀ licensed underĀ a Creative Commons Attribution 4.0 International License.