Analisis perilaku mahasiswa terhadap pemanfaatan mobile commerce
DOI:
https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2862Keywords:
Mobile Commerce, Trust, Security and Convenience.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi perilaku mahasiswa sebagai konsumen, yang meliputi kepercayaan, keamanan dan kemudahan, terhadap minat menggunakan mobile commerce bagi mahasiswa akuntansi. Penelitian ini mengambil responden terdiri dari 43 mahasiswa aktif pada Program Studi Akuntansi Univeristas Negeri Makassar yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Mahasiswa yang dipilih adalah mahasiswa yang telah memprogramkan mata kuliah pengantar pemasaran. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang selanjutnya diolah menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan mahasiswa atas aplikasi dan kemudahan menggunakan aplikasi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menggunakan mobile commerce. Akan tetapi, faktor keamanan rupanya belum menjadi prioritas utama bagi mahasiswa dalam memilih dan menggunakan aplikasi mobile commerce. Meskipun salah satu variabel ditemukan tidak mempengaruhi minat menggunakan Mobile Commerce, namun secara simultan tingkat kepercayaan, keamanan dan kemudahan berpengaruh terhadap Minat Menggunakan Mobile Commerce. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan mobile commerce oleh mahasiswa ditentukan oleh kepercayaan mahasiswa terhadap suatu aplikasi, beserta keamanan dan kemudahan penggunaan aplikasi tersebut.References
Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Teknik Informatika, 2, 1–13.
Ajeng, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cash Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Ali, H., Lilik, P., Nugroho, H., Halim, T., Firdaus, K., & Huda, N. (2020). Indonesia Gen Z And Millenial Report 2020: The Battle Of Our Generation. Retrieved from http://alvara-strategic.com/indonesia-gen-z-and-millenial-report-2020/
Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.co.id di Yogyakarta). Fakultas Ekonomi.
AppsFlyer. (2021). Global E-Commerce Industry 2021-2024.
Ardyanto, D., & Riyadi, H. S. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 22(1), 1–8.
Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Apjii. Retrieved from www.apjii.or.id
Corley, J. K., Jourdan, Z., & Ingram, W. R. (2013). Internet marketing: A content analysis of the research. Electronic Markets, 23(3), 177–204. https://doi.org/10.1007/s12525-012-0118-y
Disastra, G. M., & Wulandari, A. (2017). Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Banking and Management Review, 6(1).
Fred., D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319–339.
Ghozali, I., & Al Mansur, M. (2002). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpriced di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 74–88.
iPrice Group. (2019). Year-End Report on Southeast Asia’s Map of E-commerce. Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/
Jati Ariwibowo, D. P., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 11–35. Retrieved from https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1646
Katadata Insight Center. (2018). Indonesia e-commerce mapping 2018.
Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mazaheri, E., Richard, M. O., & Laroche, M. (2011). Online consumer behavior: Comparing Canadian and Chinese website visitors. Journal of Business Research, 64(9), 958–965. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2010.11.018
Park, C. H., & Kim, Y. G. (2006). The effect of information satisfaction and relational benefit on consumers’ online shopping site commitments. Journal of Electronic Commerce in Organizations (JECO), 4(1), 70–90.
Purwadi, F. D. (2013). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Mandiri Jalan Slamet Riyadi Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS untuk Jumlah Sampel Kecil. International Journal of Social, Policy and Law (IJOSPL), 01(01), 111–122. Retrieved from https://ijospl.org/index.php/ijospl/article/view/64
Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M. Banjarnahor, A. R., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Rosita, A. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Kepercayaan Dalam E-marketplace. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 20–28.
Roslan, S., Anggraini, D., & Minanda, A. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Haluoleo University.
Sugiyanto, S., Mulyana, M., & Ramadhan, M. V. (2021). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 23–30.