PERAN DIFERENSIASI ASOSIATIF DAN KEUNGGULAN POSISIONAL DIFERENSIATIF UNTUK MENGELOLA INOVASI PROSES DAN KINERJA BISNIS: Study Empiris Pada UMKM di Indonesia

Rainier Hendrik Sitaniapessy

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bermula dari adanya kesenjangan penelitian hubungan antara inovasi proses dan kinerja bisnis. Dari kesenjangan penelitian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teoritikal baru dengan mengembangkan konstruk diferensiasi asosiatif  yang berupaya untuk menyelesaikan kesenjangan hubungan inovasi proses dan kinerja bisnis tersebut.  Sampel sejumlah 166 UMKM Batik yang berada di Indonesia (Pekalongan,  Solo, DI Yogya)  dengan menggunakan teknik analisis Struktural equation modeling (SEM). Hasil menunjukan bahwa inovasi proses (IP)  berpengaruh signifikan terhadap diferensiasi asosiatif  (DA) serta diferensiasi asosiatif (DA) berpengaruh signifikan terhadap keunggulan posisional diferensiatif (KPD) yang pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis.(KB). Hasil lain yang mengejutkan adalah kualitas posisioning produk (KP) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap diferensiasi asosiatif (DA) serta diferensiasi asosiatif (DA) bepengauh positif tetapi  tidak signifikan terhadap kinerja bisnis (KB)


Keywords


inovasi proses, Diferensiasi asosiatif, kualitas posisioning produk , Keunggulan Posisional Diferenstiaf, Kinerja bisnis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Business & Banking



Abstracting & Indexing

 


Hasil gambar untuk ccby logo

Copyright @ 2011 Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (PPPM STIE)